Mar 20, 2012

SISTEM RATING FILM DI AS OLEH MPAA


Apa sich rating film itu? Apa pengaruh-nya ke penonton di bioskop? Lalu apa itu MPAA? Pertanyaan-pertanyaan tersebut kerap muncul dipikiran para penonton atau masyarakat saat melihat trailer dari film-film AS yang didahului dengan "Opening Preview" seperti gambar diatas, ataupun saat berkunjung ke situs-situs film dan melihat kode-kode seperti PG, R, dll. Kali ini saya sengaja membangun sebuah artikel khusus untuk membahas klasifikasi rating film di Amerika Serikat dari MPAA. Hey, saya sudah tahu dan banyak halaman web yang sudah membahas hal ini! Ya, kalian benar sudah banyak artikel tentang hal ini dan kalian mungkin sudah mengetahui-nya namun seperti biasa, saya menawarkan sesuatu yang sedikit berbeda disini. Sesuatu yang saya suka dan ingin saya bagikan ke semua orang. Ingin tahu? Baiklah, hit the jump for the details!


Pertama-tama saya akan bertanya, apakah anda seorang penggemar film? Jika ya, maka anda tahu harus ada yang nama-nya pembagian rating bagi setiap film demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada anak-anak kecil yang menonton-nya. Baik, pertanyaan pertama sudah dijawab, lalu pertanyaan kedua. Rating-rating tersebut menjelaskan batasan umur bagi setiap orang yang ingin menonton sebuah film dibioskop. Para pemilik bioskop di AS sudah sepakat dengan rating-rating MPAA dan mereka melaksanakan-nya di lapangan.

Lalu ketiga, jika di Indonesia ini kita punya LSF (Lembaga Sensor Film), maka di AS ada yang nama-nya MPAA (Motion Picture Association of America), sebuah lembaga non-pemerintah (swasta) hasil asosiasi studio-studio film terbesar di AS. Cara kerja rating film MPAA berbeda dengan di Indonesia. Para pemilik film menyerahkan dulu film-film mereka secara sukarela ke MPAA untuk diberi rating dan pihak Dewan Penilaian MPAA akan menonton dahulu film tersebut setelah itu membuat keputusan terhadap rating film tersebut. Hmmm, enak ya, kerja-nya nontonin film terus mereka, jadi iri saya, hehe... MPAA tidak memotong sedikitpun adegan di film tersebut, dan pihak sineas harus menerima keputusan tersebut atau mengedit film-nya agar mendapatkan rating lain. Bagi film yang tidak dirating MPAA, biasanya diberi label NR (Not Rated) namun pihak bioskop biasanya agak pelit terhadap tipe-tipe seperti ini.

Berbeda ya, dibanding LSF? Karena kerjaan LSF adalah memotong-motong adegan sesuka mereka tapi memang bisa dimaklumi karena rating mereka juga tidak punya kekuatan seperti MPAA punya dan tidak dilaksanakan di bioskop sini. Yah, ada positif negatif-nya sich. Hehe... Baiklah, kita langsung saja, mari kita lihat daftar rating-rating MPAA berikut!


G — General Audiences. All Ages Admitted (Semua umur. Tidak ada batasan tingkat usia). Sebuah film ber-rating G tidak mengandung unsur kata-kata kotor, adegan telanjang, konten seksual, adegan kekerasan atau hal-hal lain yang dalam sudut pandang Dewan Penilaian MPAA dapat menyinggung perasaan orang tua atau tidak layak bagi anak-anak dibawah umur. Namun bukan berarti bahwa rating G ini adalah semacam "sertifikat persetujuan" atau menandakan bahwa film itu adalah film "anak-anak". Beberapa adegan mungkin mengandung bahasa yang "tidak terlalu sopan" juga namun masih dalam konteks percakapan sehari-hari. Tidak ada kata-kata yang bersifat "menyerang" di film dengan rating G. Penggambaran adegan kekerasan-nya pun dibuat se-minimal mungkin. Inti-nya film dengan rating G dapat ditonton oleh siapapun tanpa ada batasan umur, bahkan kucing anda yang ada dirumah pun mungkin boleh menonton film tersebut. Hehe... :D Film-film yang mendapatkan rating G biasanya merupakan film anak-anak / animasi seperti Cars dan WALL-E.

Genre Possibility: Animated, Drama, Comedy.




PG — Parental Guidance Suggested. Some Material May Not Be Suitable For Children. (Bimbingan Orang Tua. Sebagian dari konten film mungkin tidak cocok untuk anak-anak). Sebuah film dengan rating PG harus diperiksa terlebih dahulu oleh para orang tua sebelum mereka membiarkan anak-anak mereka yang masih dibawah umur menonton-nya. Rating PG ini menunjukkan dalam sudut pandang Dewan Penilaian MPAA, para orang tua mungkin dapat mempertimbangkan apakah ada beberapa adegan yang tidak baik untuk disaksikan oleh anak mereka dan itu merupakan keputusan orang tua. Semakin banyak konten yang menjurus ke "scope" orang dewasa maka bimbingan orang tua sangat dianjurkan untuk film tersebut. Namun yang jelas adegan-adegan yang melibatkan obat-obatan terlarang tidak diperbolehkan disini. Inti-nya rating PG ini menganjurkan orang tua / dewasa agar mendampingi anak-anak mereka saat menonton-nya, namun sifat-nya tidak wajib. Film-film yang mendapatkan rating PG biasanya merupakan film tanggung namun lebih sering-nya merupakan film anak-anak dan remaja seperti Arthur ChristmasClick to Read Arthur Christmas Review!, Legally BlondesClick to Read Legally Blondes Review! dan Journey 2 The Mysterious IslandClick to Read Journey 2 Review!.

Genre Possibility: Animated, Live Action, Comedy, Drama, Fantasy, Sci-Fi, Adventure.




PG-13 — Parents Strongly Cautioned. Some Material May Be Inappropriate For Children Under 13. (Peringatan keras bagi Orang Tua. Sebagian dari konten film mungkin tidak cocok untuk anak berusia di bawah 13 tahun). Rating PG-13 adalah peringatan tegas dari Dewan Penilaian MPAA kepada para orang tua untuk menentukan apakah anak-anak mereka yang berumur dibawah 13 tahun boleh menonton film tersebut atau tidak, karena beberapa konten di film tersebut mungkin tidak baik untuk mereka. Sebuah film ber-rating PG-13 sangat mungkin malampaui batas-batas dalam rating PG dalam hal kekerasan, adegan telanjang, konten seksual, bahasa kasar, aktifitas dewasa atau elemen lain-nya, namun tidak mencapai batas dari rating R (Restricted). Segala bentuk penggambaran penggunaan obat-obatan terlarang sudah pasti minimal mendapatkan rating PG-13. Bentuk adegan telanjang yang cukup kontras juga minimal PG-13 namun tidak menjurus kearah seksual. Adegan kekerasan memang diperbolehkan namun tidak realistis dan ekstrem tergantung dari darah yang diperlihatkan disitu. Inti-nya rating PG-13 ini mengharuskan orang tua / dewasa untuk mendampingi anak-anak mereka yang berumur dibawah 13 tahun saat menonton film tersebut, dan sifat-nya wajib. Rating ini adalah rating favorit setiap sineas Hollywood yang ingin memproduksi film aksi skala besar-besaran terutama di saat "Summer Time" seperti The AvengersClick to Read The Avengers Reviews! dan BattleshipClick to Read Battleship Reviews!.

Genre Possibility: Live Action, Action, Science-Fiction, Adventure, Thriller, Drama, Comedy.




R — Restricted. Children Under 17 Require Accompanying Parent or Adult Guardian. (Terbatas. Anak di bawah usia 17 tahun harus ditemani orang tua atau orang dewasa). Sebuah film dengan rating R, dalam pandangan Dewan Penilaian MPAA berisi beberapa konten / materi dewasa. Film dengan rating R mungkin mengandung kata-kata yang tidak pantas, adegan kekerasan yang ekstrem dan memperlihatkan darah secara kontras, konten-konten seksual yang explicit atau memperlihatkan sebagian alat vital, penggunaan obat-obatan terlarang dan lain-nya, sehingga para orang tua diharapkan agar menanggapi rating ini secara serius. Anak di bawah 17 tahun tidak diperbolahkan untuk menonton film ber-rating R tanpa didampingi oleh orang tua atau pendamping dewasa. Inti-nya rating R ini mengharuskan orang tua / dewasa untuk mendampingi anak mereka yang masih dibawah 17 tahun saat menonton-nya. Film-film yang mendapatkan rating R biasanya merupakan film-film bergenre Horror-Thriller Action yang mengekspos adegan kekerasan dengan banyak darah seperti Final Destination 5Click to Read Final Destination 5 3D Review! dan Underworld AwakeningClick to Read Underworld Awakening 3D Review!.

Genre Possibility: Live Action, Action, Horror, Thriller, Drama, Comedy.




NC-17 — No One 17 and Under Admitted. (Dewasa, 17 tahun keatas). Rating NC-17 ini menurut para Dewan Penilaian MPAA adalah yang dianggap mengandung konten / materi yang terlalu dewasa untuk anak mereka yang masih berumur dibawah 17 tahun. Anak-anak sama sekali tidak diperbolehkan untuk menonton film tersebut. Namun bukan berarti cap NC-17 ini diperuntukkan bagi film-film "cabul" atau "porno" dan tidak diartikan sebagai cap negatif. Secara umum rating NC-17 dideskripsikan bagi film dengan konten yang memang ditujukan untuk orang dewasa saja. Dasar-dasar kategori untuk rating ini biasanya mengacu pada adegan kekerasan yang brutal dan kontras, adegan seksual yang memperlihatkan tubuh pria / wanita secara utuh, kebiasaan menyimpang, penggunaan obat-obatan terlarang yang kontras dan elemen-elemen lain-nya yang dianggap terlalu buruk bagi anak-anak. Asal mula singkatan-nya berasal dari kata No Children under 17 admitted. Inti-nya rating NC-17 ini tidak memperbolehkan anak-anak berumur 17 tahun dan dibawah untuk menonton film tersebut. Film-film yang mendapatkan cap NC-17 biasanya diedit lagi oleh si sineas agar mendapatkan rating R dengan tujuan rilis dibioskop namun ada juga yang merilis-nya langsung ke Home Video. Beberapa contoh film ber-rating NC-17 adalah The Dreamers dan yang baru-baru ini rilis adalah Shame.

Genre Possibility: Live Action, Action, Horror, Thriller, Drama, Comedy.




Bagaimana, sekarang kita sudah mengerti tentang rating dan kategori-kategori syaratnya kan? Oh ya, mengenai trailer, setiap warna background yang kita lihat itu ada maksud-nya, jika berwarna hijau seperti yang kalian lihat diatas, maka itu berarti dapat ditonton oleh siapa saja. Jika kuning, maka hanya untuk umur tertentu dan di Internet saja. Lalu yang terakhir berwarna merah, dimana khusus untuk penonton dengan kategori rating R dan dapat ditayangkan sebelum film-film R, NC-17 dan NR.

Dan jika kalian seorang pembaca buku komik macam Marvel dan DC seperti saya, pada tahun 2001 lalu Marvel mengeluarkan rating komik baru-nya hasil peralihan dari format lama. Yaitu ALL AGES, PG, PG+ dan PARENTAL ADVISORY / EXPLICIT CONTENT. Dan MPAA pun mengajukan komplain dikarenakan kemiripan kode pada PG-nya itu yang sudah di trademark oleh MPAA dan sifat-nya terlarang untuk digunakan oleh pihak lain. Maka Marvel-pun mengubah kode-nya dan sekarang menjadi ALL AGES, A, T+, PARENTAL ADVISORY dan MAX:EXPLICIT CONTENT.

Studio-studio anggota MPAA (Supplier utama film-film Box Office dunia):

► 20th Century Fox (Contoh film: Fantastic Four, Prometheus, Avatar)
► Paramount Pictures (Contoh film: Transformers, Titanic, G.I Joe: Retaliation)
► Warner Bros. (Contoh film: The Dark Knight Rises, Sucker Punch, Green Lantern)
► Walt Disney Company (Contoh film: The AvengersClick to Read The Avengers Reviews!, Ratatouille, Bolt)
► Universal Studios (Contoh film: Hulk, BattleshipClick to Read Battleship Reviews!, Serenity)
► Sony Pictures Corp. (Contoh film: Resident Evil, Underworld, The Amazing Spider-Man)

Rating Favorit Penulis:

► R - Restricted ► Alasan: Karena kalau rating-nya sudah R maka hampir pasti jaminan bahwa film itu adalah film yang action-packed dan banyak darah dimana-mana, dan sangat bersahabat dengan film berfitur 3D. Jamin deh. Oh ya, bagaimana dengan rating favorit kamu? Pasti punya kan, silahkan tulis di Comment ya!:D


Yap, begitulah kira-nya isi dari artikel rating MPAA ini. Jangan lupa untuk tetap berkunjung ke halaman ini karena setiap perubahan dalam rating atau rekor Box Office akan saya update terus disini. Kesimpulan yang dapat saya tarik dari rating-rating tersebut adalah, manfaat dan keuntungan yang kita dapatkan banyak sekali jika memberlakukan sistem rating seperti itu, walaupun tidak di implementasikan dibioskop sini, namun tetap dapat dijadikan acuan bagi kita yang sudah punya anak (???) atau adik yang masih kecil saat mengajak mereka ke bioskop. Karena memang setiap hal yang mereka lihat pasti ada impact-nya, entah buruk ataupun baik. Baiklah, jika sekiranya ada yang ingin diungkapkan, ditanyakan atau dikomplain (???) silahkan ungkapkan di Comment Field dibawah.



7 comments:

JONNY'S MOVEE (Movie Review) said...

Hey, a nice post here. keep up the great work ^^

FANBOY said...

Thanks, you have a very great blog too and I put your Blog link in my sidebar so that I can always see the updated articles from you.

^_^

Kencana said...

Saya paling sering nonton film rating G-PG13. Yang R jarang. NC-17? No, thank you.

FANBOY said...

@Kencana: Mank kenapa bro yg NC-17, hehe...


:D

Anonymous said...

gan, saya ijin copy artikelnya ttg sistem rating MPAA ya..
thanks

FANBOY said...

@Anonymous:
Silahkan, jangan lupa naro link sumber-nya ya, hehe...

=D

Anonymous said...

Kalo x-men gmn?