Jun 1, 2012

PREDIKSI BOX OFFICE: JUNI 2012


Mulai dari sekarang, saya akan menampilkan artikel terbaru dan teranyar (what????) dari Blog ini yang akan memprediksikan jumlah pendapatan / Box Office film yang akan rilis 1 bulan kedepan. Dikarenakan hal-hal seperti ini cukup penting bagi dunia perfilman, maka itu saya tergerak untuk melakukan ini semua. Hehe... Semua hasil prediksi murni dari saya, berdasarkan analisis dan kalkulasi pribadi. Yah, siapa tahu ada yang tertarik, ayo cek bersama seperti apa prediksi-nya!!! :D



1 Juni »
Snow White And The Huntsman
Rating: PG-13Ingin tahu maksud dari kode diatas? Klik sekarang!
Genre Possibility: Fantasy, Action, Adventure (Live Action)
Production Budget: $170 Juta
MRPBlog's Prediction »
► US Opening Weekend: $55 Juta
► Domestic: $140 Juta
► Overseas: $240 Juta
► Worldwide Total: $380 Juta



Analysis: Dengan rilis-nya film kedua dari Snow White ditahun ini, bisa dikatakan kita berpatokan pada hasil BO dari Mirror Mirror. Namun sayangnya film ini memiliki kemungkinan genre yang berbeda dan target audience yang lebih luas juga tentu-nya. Dengan melihat kebiasaan film yang rilis diawal Juni, angka opening weekend diatas adalah prediksi terbaik saat ini. Dan jangan lupa kekuatan Cast yang dimiliki film ini, dengan adanya Kristen Stewart dan Chris Hemsworth yang populer dikalangan remaja, hasil total worldwide diatas juga sangat mungkin terjadi.
Actual:
► US Opening Weekend: $56,217,700 (+ $1 Juta)
► Domestic: $154,962,845 (+ $14 Juta)
► Overseas: $238,972,710 (- $2 Juta)
► Worldwide: $393,935,555 (+ $13 Juta)


8 Juni »
Prometheus
Rating: RIngin tahu maksud dari kode diatas? Klik sekarang!
Genre Possibility: Sci-Fi, Adventure, Thriller (Live Action)
Production Budget: $130 Juta
MRPBlog's Prediction »
► US Opening Weekend: $57 Juta
► Domestic: $170 Juta
► Overseas: $230 Juta
► Worldwide Total: $400 Juta



Analysis: Rating R dan persaingan dengan film animasi ber-rating PG pasti membuat Prometheus kesulitan bernafas untuk opening weekend-nya. Namun melihat target audience yang berbeda, dan nama Ridley Scott disitu mungkin saja Prometheus masih bisa menarik hasil yang 50/50 dengan Madagascar 3. Dan total worldwide $400 juta juga bisa saja terjadi jika film ini memuaskan penonton dan mendatangkan "word-of-mouth" yang baik.
Actual:
► US Opening Weekend: $51,050,101 (- $6 Juta)
► Domestic: $126,321,968 (- $44 Juta)
► Overseas: $214,800,000 (- $16 Juta)
► Worldwide: $341,121,968 (- $59 Juta)


Madagascar 3: Europe's Most Wanted
Rating: PGIngin tahu maksud dari kode diatas? Klik sekarang!
Genre Possibility: Comedy, Adventure (Animated)
Production Budget: $145 Juta
MRPBlog's Prediction »
► US Opening Weekend: $62 Juta
► Domestic: $180 Juta
► Overseas: $450 Juta
► Worldwide Total: $630 Juta



Analysis: Film animasi seperti ini sudah membiayai dirinya sendiri. Apapun yang terjadi kesuksesan hampir pasti ada ditangan walaupun tidak akan terlalu jauh meningkat dari film sebelum-nya. Walaupun di eropa perhelatan EURO 2012 sudah dimulai, namun untuk film anak-anak hal itu seperti-nya tidak akan berpengaruh banyak kedepannya.
Actual:
► US Opening Weekend: $60,316,738 (- $2 Juta)
► Domestic: $213,858,920 (+ $33 Juta))
► Overseas: $369,000,000 (- $81 Juta)
► Worldwide: $582,858,920 (- $48 Juta)


22 Juni »
Brave
Rating: PGIngin tahu maksud dari kode diatas? Klik sekarang!
Genre Possibility: Adventure, Fantasy (Animated)
Production Budget: N/A
MRPBlog's Prediction »
► US Opening Weekend: $65 Juta
► Domestic: $155 Juta
► Overseas: $300 Juta
► Worldwide Total: $455 Juta



Analysis: Melihat hasil film-film Disney yang jeblok 2 tahun belakangan ini, seperti Mars Needs Mom dan John Carter, tapi ini adalah keluaran Pixar dan lagipula film Disney terakhir masih menghasilkan uang gila-gilaan dengan franchise Pirates-nya. Namun hasil worldwide total-nya mungkin tidak akan sebesar Madagascar karena kemungkinan genre-nya yang kurang menawarkan komedi.
Actual:
► US Opening Weekend: $66,323,594 (+ $1 Juta)
► Domestic: $230,314,785 (+ $75 Juta)
► Overseas: $212,300,000 (- $88 Juta)
► Worldwide: $442,614,785 (- $13 Juta)




So, bagaimana, sependapatkah kalian dengan prediksi Box Office diatas? Kalian mungkin punya estimasi sendiri, atau perhitungan yang lebih akurat lagi? Silahkan ungkapkan di comment section dibawah! :D Dan jangan lupa untuk kembali lagi kesini karena data "actual amount" diatas akan diupdate sehingga kita bisa tahu apakah estimasi saya benar atau tidak. Hehe...


Opening Weekend Reviews: Wah, seperti-nya rekor opening weekend saya cukup ok nich, 2 dari 4 prediksi saya hanya meleset $1 juta!!! Yaitu Snow White dan Brave, dimana dua-duanya melebihi ekspektasi. Selamat! Sedangkan untuk sisa-nya gagal memenuhi ekspektasi dimana Madagascar 3 minus $2 juta. Tapi tetap ok buat saya, karena hanya kepleset $2 juta. Wow. Saya tidak sangka akan sedekat itu. Sedangkan yang paling buruk bagi saya dan studio sendiri adalah Prometheus yang minus sampai $6 juta. Walaupun sebetul-nya tidak terlalu buruk untuk film R, tapi seharus-nya Prometheus bisa beraksi lebih baik dikarenakan sempat memimpin puncak BO pada hari pertama, mengungguli Madagascar. Namun, dikarenakan buruk-nya word-of-mouth membuat film ini jeblok di hari kedua dan ketiga-nya.




Last Updated: August 30, 2012


*Notes:
- Semua nilai dalam Dollar Amerika Serikat.
- Opening Weekend adalah hasil penjualan tiket selama hari Jumat, Sabtu dan Minggu pertama sejak film itu dirilis. Termasuk midnight showing.
- Domestic disini berarti mencakup wilayah Amerika Serikat dan Kanada (North America only) termasuk hasil dari Opening Weekend.
- Overseas disini mencakup wilayah diluar domestic area diatas.
- Worldwide adalah hasil jumlah dari Domestic + Overseas.
- Actual amount akan di-update secepat mungkin setelah event selesai.
- Tanggal rilis diatas adalah tanggal rilis di Amerika Serikat, bukan di Indonesia.
- Saya hanya memprediksikan film-film yang memang kemungkinan akan jadi "Global Hit" dan tidak semua film yang rilis akan saya prediksikan.
- Angka-angka diatas adalah murni hasil prediksi. Dikedepannya bisa saja salah, atau benar, atau hanya mendekati benar.
- Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan gambaran akan seperti apa persaingan Box Office dibulan tersebut dan melihat apakah film tersebut berhasil melebihi ekspektasi studio atau tidak.
- Angka-angka prediksi yang sudah saya tulis diatas TIDAK AKAN saya ubah, jadi kalian boleh copy atau print-screen halaman ini jika takut saya mengubah-ubah nilai diatas agar terlihat benar.
- Update data "Actual Box Office" akan tersedia setiap hari selasa siang setiap minggu-nya.
- Semua data Box Office untuk melengkapi hasil aktual diatas diambil dari Box Office Mojo.








No comments: