May 21, 2012

EASTER EGG / PETUNJUK DI FILM THE AVENGERS


Apa itu easter egg? Apa itu nods? Ya, jika kalian suka menonton film-film dari Marvel Studios, maka kalian bisa melihat banyak petunjuk atau referensi disana. Nah, itu dia jawaban-nya, easter eggs adalah petunjuk yang disisipkan disebuah film yang biasanya merupakan referensi menuju hal atau tokoh lain yang sebetul-nya tidak terlibat difilm itu. Dalam kasus ini, Marvel suka sekali menaruh petunjuk-petunjuk seperti itu di The AvengersKlik untuk membaca review!. Baiklah, entah kalian fanboy atau bukan, jika merasa tertarik dan penasaran akan hal-hal yang tersembunyi tersebut, ayo kita cek!!!


Yap, hal-hal seperti ini memang biasanya terjadi secepat kilat difilm, sehingga kita jarang menyadari-nya saat menonton dibioskop. Dan walaupun tidak sekejap, yang mengerti akan petunjuk-petunjuk tersebut pun biasanya hanya fans berat yang memang membaca komik Marvel yang memang tidak punya kerjaan sehingga mencari-cari hal tersebut. Lho, saya donk??? Hehe.... Ok, ini daftar petunjuk yang saya temukan setelah menonton-nya 3 kali, dan sudah saya susun berurutan dari yang pertama kali keluar difilm hingga terakhir :D


1. Project Pegasus
Muncul diadegan awal film, dimana Nick Fury melakukan penelitian terhadap Cosmic Cube / Tesseract, yang terlihat seperti markas militer. Kita melihat tulisan "Project Pegasus" di tembok markas tersebut. Pertama kali melihat markas itu, saya kira itu adalah Triskelion, namun ternyata bukan. Di komik "Project Pegasus" adalah nama tempat dimana pemerintah AS melakukan penelitian terhadap sumber energi dan juga menjadi penjara bagi kriminal-kriminal super di Marvel. Lokasi-nya ada di pegunungan Adirondack. Nah, sekarang kita tahu bukan, maksud-nya kenapa ada tulisan Project Pegasus disitu. Hehe... Oh ya kepanjangannya adalah Potential Energy Group/Alternate Sources/United States.

2. Phase 2
Saat adegan perbincangan Nick Fury dengan Maria Hill, kata Phase 2 sering sekali diucapkan. Dan walaupun akhir-nya terungkap maksud dari "phase 2" tersebut, namun saya melihat hal ini seperti merujuk ke proyek Marvel Cinematic Universe selanjutnya yang dimulai dari Iron Man 3 dan berujung ke The Avengers 2 seperti yang pernah diungkapkan Kevin Feige, sang produser.

3. Mind Gem
Ya, jika melihat ke tongkat yang dibawa Loki hasil pemberian Thanos, ada permata berwarna biru yang bentuk-nya terlihat seperti Mind Gem, salah satu bagian dari benda kosmik yang memiliki kekuatan dahsyat bernama Infinity Gauntlet. Dan melihat Loki dapat mengendalikan pikiran orang dengan tongkat tersebut, semakin membuat saya penasaran. Ok, di komik Mind Gem ini adalah artifak kosmik berbentuk permata berwarna biru yang dapat digunakan untuk mengendalikan pikiran makhluk apapun di dunia. Ada enam permata seperti itu dan memiliki kekuatan berbeda-beda.

Namun saat melihat cara kerja-nya, saya jadi ragu karena sang pemegang Mind Gem tidak perlu melakukan sentuhan untuk dapat menggunakannya. Selain itu Nick Fury juga mengatakan bahwa kekuatan tongkat Loki disuplai oleh Cosmic Cube. Dan, saya juga ingat di film Thor saat Infinity Gauntlet terlihat masih ada di Odin's Vault dan lengkap dengan setiap permata-nya. So, mungkin saja itu bukan Mind Gem namun bisa jadi merujuk ke artifak kosmik tersebut, atau ke Infinity Gauntlet.


4. General Georgi Luchkov
Yup, ingat adegan interogasi Black Widow dengan Jenderal Rusia, dimana dia diikat dikursi? Wow, seksi ya? Hehe, bukan, bukan itu. :) Namun Jenderal tersebut adalah juga penjahat Black Widow di komik namun memang bukan penjahat besar dan utama, tapi yes karakter tersebut memang dari komik.

5. Life Model Decoy (LMD)
Saat adegan Tony Stark yang mencoba untuk menghindar dari telepon Agent Coulson, dia sempat mengatakan "Life Model Decoy" disitu. Nah, di komik, LMD ini adalah sebuah model android peniru yang mirip dengan orang tertentu dan digunakan untuk misi-misi S.H.I.E.L.D. Hmmmm, ada maksud-nya kah Whedon menaruh kalimat tersebut disini?

6. A Cellist from Portland; Coulson is Vision?
Tidak lama setelah adegan diatas tadi, terdapat percakapan yang menyebutkan tentang kekasih Agent Coulson yang seorang pemain selo. Dan disebutkan berkali-kali juga difilm. Nah, Dari kabar yang berhembus di internet, ada orang yang mengatakan bahwa satu-satunya wanita pemain selo di komik Marvel adalah Wanda Maximoff atau Scarlet Witch!!!! Dan dikomik, mereka adalah pasangan suami istri!!!!Waaah, gilaa! Wow, jika memang benar, apakah itu maksud-nya?? Ok, konten ini bisa saja berhubungan dengan wajah Coulson yang diperlihatkan berwarna merah disatu adegan dan saat Nick Fury mengatakan bahwa dia kehilangan "his good eye". Hmmm, jika kalian seorang fanboy, pasti kalian sudah mengira apakah itu sebuah rujukan bahwa Agent Coulson adalah Vision atau akan memerankan Vision di masa depan nanti???


7. Number 64 in Helicarrier
Jika kalian ingat adegan Helicarrier, ada 2 angka berukuran besar yang tertera di badan kapal tersebut. Angka-nya adalah 64. Ya, jika merujuk ke kejadian-kejadian di komik, saya ingat di tahun 1964 itu adalah awal bergabung-nya Steve Rogers / Captain America ke Avengers. Namun, jika mau sedikit gila, ada 3 kejadian lagi yang bisa jadi memang diisyaratkan oleh Marvel yaitu dimana Avengers pertama kali bertemu Sub-Mariner / Namor, kemunculan Kang The Conqueror, lalu juga kemunculan si Wonder Man. Hmm, mungkinkah?

8. Huginn and Muninn
Saat adegan Thor berbicara dengan Loki di pegunungan, ada sepasang burung gagak lewat disitu. Nah, mungkin saja, itu bukan kebetulan, melainkan mereka adalah Huginn dan Muninn. Siapa itu? Ya, mereka adalah burung gagak milik Odin yang berfungsi sebagai mata dan telinga Odin di Midgard / Bumi yang dapat dilihat di samping kiri dan kanan tahta Odin. Hmmm, ternyata Odin tidak melepaskan perhatian-nya sedikitpun terhadap Thor disini setelah dia sendiri yang mengirim-nya kembali ke bumi dengan menggunakan hampir setengah kekuatan Dark Magic-nya. Yeah!!!


9. "Bilge Snipe"
Ingat percakapan Thor dengan Agent Coulson tentang bilge snipe, makhluk yang bertanduk dan besar menurut cerita Thor? Coba ingat adegan Loki di sebuah museum Jerman, ada patung sejenis kuda yang memiliki tanduk dan ingat helm yang dipakai Loki? Mirip bukan? Ya, coba saja pikirkan apa itu maksudnya. Saya tidak menemukan informasi atau ingat sedikitpun tentang makhluk ini dikomik, namun, yah, kita lihat saja nanti.


10. Earth's Mightiest Heroes
Saat Stark berbincang dengan Loki, dia menjuluki Avengers dengan kata "Earth's Mightiest Heroes". Ya, itu memang benar julukan Avengers di komik-nya. Hehe....

11. Ragnarok / Thor Clone reference
Saat adegan Thor menghadapi Loki di atas menara Stark Tower, Loki menusuk Thor dengan senjata-nya disitu. Lalu terlihat bahwa Thor mencabut-nya dan membuangnya dimenara itu juga. Apakah itu referensi menuju Civil War saga? Dimana Tony Stark, Reed Richards dan Hank Pym menciptakan klon dari Thor berdasarkan DNA-nya? Karena Stark pasti membereskan menara-nya setelah pertempuran dan menemukan benda tersebut dengan darah Thor terbalut segar. Hmmm...

12. Senator Boynton
Yap, saat pertempuran telah berakhir, ada liputan wawancara seorang berjas yang bernama Sen. Boyton. nah, dia adalah penjahat minor Iron Man dikomik. Yup.

13. Avengers Assemble
Bagi para fanboy, pasti kita menunggu kalimat tersebut. Ya, kalimat yang biasa diucapkan Captain America di komik saat memulai pertarungan. Namun, ya, Cap tidak menyebut-nya sama sekali disitu. Tapi, pada saat liputan berita ada seorang reporter wanita menyebutkan Avengers Assemble di liputannya. Hoho, mungkinkah mereka akan menggunakannya di sekuel nanti? :)

14. Another Civil War references
Saat adegan liputan wawancara warga NY disalah satu layar, ada sepasang warga yang justru malah menganggap keberadaan Avengers ini malah bisa jadi bencana bagi mereka. Sangat meresahkan dan membuat negara tidak aman. Tahu penyebab event Civil War di komik Marvel? Ya, itu lah penyebab-nya. Warga merasa resah dengan keberadaan para jagoan super tersebut hingga pemerintah AS harus turun tangan disitu.

Apa maksud ini semua? Apa saat Kevin Feige mengatakan di wawancara-nnya bahwa dia ingin sekali mengangkat kisah Civil War ke layar lebar itu sungguhan? Banyak sekali clue dan hint disisipkan. Ingan percek-cokan Tony Stark dan Steve Rogers di Helicarrier? Dan petunjuk sebelum-nya di menara Stark Tower? Wooow, bukankah itu terlalu dini? Sungguhan kah ini semua? Hmmm, hanya Kevin Feige yang tahu.

15. Stark Tower "A" to Avengers
Adegan terakhir yang menyorot menara Stark Tower menunjukkan bahwa hanya huruf "A" yang tersisa disitu. Lihat bentuk-nya. Mirip sekali dengan logo Avengers. Apakah itu merupakan petunjuk bahwa tidak lama lagi kita akan melihat Avengers Mansion / Avengers Tower? Wow, saya tidak sabar untuk melihat-nya.


16. Thor costume(s)
Jika kalian suka membaca komik Thor, disini Whedon menggoda kita dengan memberikan 3 versi kostum berbeda kepada sang Dewa Petir. Lihat gambar dibawah untuk jelas-nya.


Diatas adalah kostum klasik Thor saat keluar di komik pertama kali. Ya, mirip bukan, hanya saja tanpa helm.



Sedangkan ini kostum versi Ultimate Thor. Tanpa jubah. Hanya Mjolnir-nya tidak seperti itu. Hehe...



Ya, yang terakhir digunakan adalah versi modern namun lagi-lagi tanpa helm tentu-nya. :D

17. Thanos
Terakhir, ya, kita tahu jika kalian belum meninggalkan bioskop sampai animation credit selesai, ada adegan mid-credit scene yang menampilkan si bos besar yang menyuplai pasukan Chitauri ke Loki. Dan, oh ya, itu Thanos. Wow. Seperti mimpi saya rasa-nya dapat melihat Thanos versi live-action. Dan, tahukan kalian, itu bukan petunjuk bahwa dialah yang akan menjadi penjahat di sekuel Avengers nanti. Melainkan adalah sebuah petunjuk dan teaser terhadap sesuatu yang lebih "besar" dan jauh dari jangkauan jagoan bumi. Ingat Kevin Feige menyinggung soal "ingin menghidupkan dunia kosmik Marvel ke layar lebar"? Ya, bisa jadi ini merupakan isyarat bahwa mereka telah siap untuk proyek The Inhumans atau Guardians of The Galaxy yang bisa jadi berujung ke event Infinity Gauntlet. Wooooooooow!!!!!!





Ya, begitulah saja yang sudah saya temukan. Jika nanti saya menemukan petunjuk baru lagi, akan langsung saya update disini. Bagaimana, keren kah? Apakah kalian suka dengan petunjuk tersembunyi macam ini? Atau kalian juga menyadari easter egg lain yang belum saya tuliskan disini? Silahkan ungkapkan di comment section dibawah ya!!! :D




5 comments:

pradanavalliant said...

setahuku, bilgesnape itu karakter dari komik thor, penampakannya mirip rusa tanduk besar, warnany hijau

FANBOY said...

@pradanavalliant:
Oooh, pantes. Mantap lah itu. Thanks informasinya bro!

Maklum, w nggak banyak baca serialnya Thor, lebih ke X-Men atau nggak Fantastic Four. XD

Ghufron fanboy said...

Kyknya thor yg modern style itu gara" Θî hina sama si T.Stark waktu berantem Θî hutan jadi jubahnya dilepas... :D kyknya yg Θî mksud thor bilge snipe itu loki kn menginjak apapun demi kesenagan lagian loki juga dewa kenakalan.. :D

adverbia said...

ijin copas bro, biar fansboy marvel tahu semua... :)

pak muliadi said...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل