May 28, 2012

5 KOMPOSER FILM TERBAIK VERSI MRPBLOG


Jika kalian suka menonton film dan ada musik-musik yang mengiringi adegan-adegan difilm tersebut, entah berbentuk orkestra atau bukan, itu bisa disebut juga film score. Nah, tentu saja, yang mengerjakan musik-musik tersebut disebut "komposer film". Dalam artikel kali ini, saya ingin mengungkapkan 5 orang komposer terfavorit dan terbaik bagi saya pribadi, yang mana musik-musik tersebut telah menghipnotis saya (hah?) setiap kali menonton film-nya. Baiklah, mari langsung kita lihat!!! :)


5. Steve Jablonsky »

Notable work:
► The Island (2005)
► Transformers (2007)
► D-War (2007)
► Transformers: Revenge of the Fallen (2009)
► Friday the 13th (2009)
► A Nightmare on Elm Street (2010)
Transformers: Dark of The Moon (2011)
Battleship (2012)
Why: Wah, banyak sekali film yang diiringi oleh score-nya yang saya suka, terutama Transformers Trilogy. Cocok memang aransemen score beliau untuk film aksi, dan yang baru-baru saja rilis adalah Battleship.

4. Ramin Djawadi »

Notable work:
► Blade: Trinity (2004)
► Iron Man (2008)
► Deception (2008)
► The Unborn (2009)
Why: Tidak dapat dipungkiri bahwa score gahar yang dibawa oleh beliau di film pertama Iron Man memang membuat film itu sendiri jadi istimewa. Bukti-nya saya tidak merasa adegan-adegan di Iron Man 2 cukup intense karena memang score-nya tidak terlalu keren. Suara-suara distorsi gitar-nya dahsyat, saya suka sekali.

3. Henry Jackman »

Notable work:
► Kick-Ass (2010)
X-Men: First Class (2011)
► Man On A Ledge (2012)
Why: First Class adalah satu-satunya alasan kenapa beliau masuk daftar ini. Score ikonik-nya disetiap adegan Magneto muncul membuat bulu saya merinding!!! Beneran!!! Hehe... Tapi memang salah satu aspek yang membuat XFC jadi sangat keren adalah score dari beliau, saya suka model-model score seperti itu.

2. John Williams »

Notable work:
► Film-film Star Wars
► Superman: The Movie
► Film-film Indiana Jones
► Jurassic Park, The Lost World
Why: Masih bertanya kenapa? Hmmm, jika kalian pernah dengar judul film-film diatas pasti kalian juga tahu bahwa film-film itu diiringi oleh theme song yang sangat khas dan ikonik sekaligus epic dan sangat memorable. Yah, paling tidak bagi saya. Hehe... Ya, saya suka sekali theme song "Star Wars" apalagi score khusus bagi si Darth Vader, Imperial March, waah, dahsyat sekali rasanya mendengar musik-musik itu!!! :D

1. Alan Silvestri »

Notable work:
► The Mummy Returns (2001)
► Van Helsing (2004)
► G.I. Joe: The Rise of Cobra (2009)
Captain America: The First Avenger (2011)
The Avengers (2012)
Why: Kalian lihat, semua film diatas adalah film-film yang saya suka. Dan tiga yang terbawah adalah yang saya anggap terbaik dari sekian film. Ada alasan lain? Oh, ya, dia telah membuat saya mengakui bahwa bukan hanya Superman saja tokoh komik yang mempunyai theme song ikonik namun The Avengers juga. Wow, saya berterima kasih sekali pada Silvestri atas theme song-nya yang begitu keren. Tahu tidak, setiap hari saya mendengarkan "theme song" tersebut hingga saya hafal sekali tiap not-nya!!


Bagaimana, keren kah? Diatas sudah saya ungkapkan komposer-komposer yang menurut saya terbaik, namun sangat mungkin bagi bro masih ada yang lebih baik dari mereka, bukan? Baiklah, jangan lupa untuk tinggalkan komentar-nya ya!!! :D




6 comments:

Rasyidharry said...

My favorite composer mungkin Hans Zimmer (Inception, TDK, Pirates) sama John Williams ama Alan Silvestri juga suka sih. Nino Rota (Godfather)juga mantap

FANBOY said...

@Rasyidharry:
Wow, Hans Zimmer mank juga mantep tuch score2-nya... Keren!!! Gw juga suka tiap kali denger score di Pirates sama Nolan Bats....

Klo yang Godfather, w nggak terlalu inget sich... Hehe... :D

Fariz Razi said...

John Williams! haha iconic banget semua score nya tapi akhir2 ini udah jarang yg memorable sih, terakhir paling Harry Potter... saya jg suka sama Hans Zimmer; terus Alexandre Desplat (Benjamin Button, Ghost Writer, Deathly Hallows); Michael Giacchino (Up, Ratatouille, Super 8, tapi paling suka pas OST tv show LOST); sama James Newton Howard (Dark Knight brg Zimmer, Michale Clayton sama The Village)

FANBOY said...

@Fariz Razi:
Mank John Williams banyak yang demen hasil score2nya, maklum udah dari jaman 80-an musik2nya menggaungi film2 besar Hollywood...

:D

juny said...

bukannya mau tiru2 ma diatas, tapi saya juga suka banget ma hans zimmer, nuansanya scorenya tu epic banget (pirates caribean, gladiator, inception, the dark knight) sekaigus juga sangat emosional (the lion king, interstellar that are my favorite :D)
lah untuk ost score bernuansa romantic ato drama mungkin karya2 dari alexander desplat, johan johanson and dario marianeli bisa dijadiin refernsi, soalnya ga kalah bagusnya.
hehe just opinion

juny said...

ketinggalan 1, john williams juga bagus banget emang