Jul 2, 2012

PREDIKSI BOX OFFICE: JULI 2012


Setelah sukses dengan prediksi di bulan laluKlik untuk melihat prediksi dibulan Juni 2012! (ya, mendekati lah) maka kali ini giliran bulan Juli yang mendapatkan giliran-nya. Kita tahu akan ada setidak-nya 3 film besar yang akan rilis dan punya peluang menghasilkan uang gila-gilaan di Box Office. Yap, melihat hasil bulan Juni, saya sendiri terkejut melihat angka yang mendekati actual tersebut. Baiklah, ayo cek bersama seperti apa prediksi-nya!!! :D



3 Juli »
The Amazing Spider-Man
Rating: PG-13Ingin tahu maksud dari kode diatas? Klik sekarang!
Genre Possibility: Action, Sci-Fi, Drama (Live Action)
Production Budget: $250 Juta
MRPBlog's Prediction »
► US Opening Weekend (6-8 Juli): $70 Juta
► Domestic: $300 Juta
► Overseas: $400 Juta
► Worldwide Total: $700 Juta



Analysis: Spider-Man tetap Spider-Man. Namun lemah-nya antisipasi dan hype terhadap proyek reboot ini membuat saya ragu. Jadi, kemungkinan akan menjadi pencapaian terlemah dari 3 film sebelum-nya secara worldwide. Plus persaingan ketat di minggu-minggu berikut-nya oleh monster The Dark Knight Rises, maka hasil diatas sudah bagus dan harus dikumpulkan cepat-cepat sebelum TDKR rilis. Tapi $700 juta tetaplah bukan nilai yang kecil, dan itu sudah cukup menjamin sekuel-nya diamankan oleh Sony saya rasa.
Actual:
► US Opening Weekend: $62,004,688 (- $8 juta)
► Domestic: $258,548,927 (- $42 juta)
► Overseas: $446,500,000 (+ $46 juta)
► Worldwide: $705,048,927 (+ $5 juta)



13 Juli »
Ice Age: Continental Drift
Rating: PGIngin tahu maksud dari kode diatas? Klik sekarang!
Genre Possibility: Comedy, Drama, Adventure (Animated)
Production Budget: N/A
MRPBlog's Prediction »
► US Opening Weekend: $50 Juta
► Domestic: $150 Juta
► Overseas: $300 Juta
► Worldwide Total: $450 Juta



Analysis: Ice Age adalah dilema saya. Melihat hasil BO yang lemah dari Madagascar kemarin, dan tidak ampuh-nya prediksi rekor BO dari film sebelum-nya, maka saya jadi ragu untuk Ice Age ini. Ditambah, persaingan sengit dengan 2 film sohor Spider-Man seminggu sebelum dan Batman seminggu setelah-nya, saya tidak yakin akan performa-nya. Angka diatas sudah sangat bagus jika sampai terjadi.
Actual:
► US Opening Weekend: $46,629,259 (- $4 juta)
► Domestic: $154,188,683 (+ $4 juta)
► Overseas: $662,000,000 (+ $362 juta)
► Worldwide: $816,188,683 (+ $366 juta)



20 Juli »
The Dark Knight Rises
Rating: PG-13Ingin tahu maksud dari kode diatas? Klik sekarang!
Genre Possibility: Action, Thriller, Drama (Live Action)
Production Budget: $250 Juta
MRPBlog's Prediction »
► US Opening Weekend: $185 Juta
► Domestic: $550 Juta
► Overseas: $650 Juta
► Worldwide Total: $1,2 Miliar



Analysis: Waw, untuk yang satu ini saya takut sekali akan menjadi monster Box Office melihat hasil TDK dan hype serta buzz yang mendengung dimana-mana, plus advance tickets untuk midnight dan opening day screening-nya yang sold out dimana-mana. Hmmmph, ingat terakhir kali film model seperti ini rilis? Yap, Harry Potter terakhir dan Avengers. Dan, saya rasa, jika memang semua hype itu diiringi oleh word-of-mouth yang baik, tidak seperti Harry Potter, maka hasil domestik-nya akan sangat mungkin melampaui TDK. Namun untuk overseas saya tidak terlalu berani mengingat ini film adaptasi komik.
Actual:
► US Opening Weekend: $160,887,295 (- $25 juta)
► Domestic: $424,645,743 (- $126 juta)
► Overseas: $535,200,000 (- $115 juta)
► Worldwide: $959,845,743 (- $241 juta)




So, bagaimana, apakah kali ini saya akan meleset lagi dalam hal total gross namun cukup tepat dalam opening weekend, atau malah sebalik-nya??? Jangan lewatkan hasil perbandingan-nya ya! :D Dan jangan lupa untuk kembali lagi kesini karena data "actual amount" diatas akan diupdate sehingga kita bisa tahu apakah estimasi saya benar atau tidak. Hehe...



Last Updated: August 30, 2012


*Notes:
- Semua nilai dalam Dollar Amerika Serikat.
- Opening Weekend adalah hasil penjualan tiket selama hari Jumat, Sabtu dan Minggu pertama sejak film itu dirilis. Termasuk midnight showing.
- Domestic disini berarti mencakup wilayah Amerika Serikat dan Kanada (North America only) termasuk hasil dari Opening Weekend.
- Overseas disini mencakup wilayah diluar domestic area diatas.
- Worldwide adalah hasil jumlah dari Domestic + Overseas.
- Actual amount akan di-update secepat mungkin setelah event selesai.
- Tanggal rilis diatas adalah tanggal rilis di Amerika Serikat, bukan di Indonesia.
- Saya hanya memprediksikan film-film yang memang kemungkinan akan jadi "Global Hit" dan tidak semua film yang rilis akan saya prediksikan.
- Angka-angka diatas adalah murni hasil prediksi. Dikedepannya bisa saja salah, atau benar, atau hanya mendekati benar.
- Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan gambaran akan seperti apa persaingan Box Office dibulan tersebut dan melihat apakah film tersebut berhasil melebihi ekspektasi studio atau tidak.
- Angka-angka prediksi yang sudah saya tulis diatas TIDAK AKAN saya ubah, jadi kalian boleh copy atau print-screen halaman ini jika takut saya mengubah-ubah nilai diatas agar terlihat benar.
- Update data "Actual Box Office" akan tersedia setiap hari selasa siang setiap minggu-nya.
- Semua data Box Office untuk melengkapi hasil aktual diatas diambil dari Box Office Mojo.


"LIKE US" DI FACEBOOK UNTUK UPDATE
BOX OFFICE!!! XD
▼▼▼
▼▼


6 comments:

CineTariz said...

Hasil BO Madagascar lemah? Lemah di bagian mana? Sudah menembus angka $400 juta dan masih akan terus bertambah terlebih faktanya, film ini belum diputar di sebagian besar wilayah Eropa. Dengan bujet $145 juta, film ini sudah melebihi pendapatan film sebelumnya di US. Dan untuk Ice Age 4, aku rasa Overseas bisa tembus $400 juta. Di Asia mungkin biasa saja, tapi film sebelumnya menggila di Eropa & Amerika Latin. Minggu pertamanya saja sudah $78 juta.

Angka untuk The Amazing Spider-Man dan The Dark Knight Rises aku rasa terlalu kecil. Hype TAS tidak selemah yang Anda kira :)

FANBOY said...

@CineTariz:
Wah, senang rasanya ada yg mengikuti perkembangan BO juga sama seperti saya... Hehe... Btw, komen bro diatas saya anggep pujian lho... Haha!! #narsis

And untuk Madagascar 3, kemungkinan max dari negara yg belom rilis paling $150+ n belom cukup untuk ngelebihin pendapatan overseas Escape 2 Africa ($423 juta) walaupun emank domestik-nya lebih ok...

Sedangkan Ice Age 4, terlalu riskan bagi saya kalo mau ngasih patokan dari film sebelom-nya. Perkara EURO 2012 ini bikin beberapa film nunda rilis n milih area2 Juli-Agustus yg bikin persaingan jadi makin crowded...

Nah klo TDKR, masa sich segitu kecil? TDK aja $1 Billion karena 6 bulan dibioskop n re-release sampe 2 kali supaya tembus angka satu-nya... Hehe... tapi klo TASM, mank saya pesimistik padahal saya fans berat Marvel...

Dan, saya berharap saya salah... :D

CineTariz said...

Yup, aku mengikuti perkembangan Box Office sejak 12 tahun yang lalu. Ga cuma US, tapi juga negara2 lain :)

Kalau Madagascar 3 nambah 150 juta lebih, itu udah cukup buat ngelewatin seri sebelumnya. Dibanding film lain, pendapatan film ini cenderung stabil. Dan untuk Ice Age 4, pembukaannya justru menciptakan rekor dimana-mana kan? Segmentasinya beda. Yang perlu dikhawatirkan Ice Age 4 bukan TASM atau TDKR, melainkan Brave dan Madagascar 3 :)

Kecil, karena hype yang lebih gede dan harga tiket yang meningkat. Kemungkinan angka tersebut ga bisa dicapai kalau ternyata TDKR tak sebagus yg orang kira. The Amazing Spider-Man bakal melonjak tinggi. Pembukaannya memecahkan rekor dan responnya pun positif. Jangan khawatir.

FANBOY said...

Yum, betul, untuk Madagascar sama Ice Age-nya, gw setuju. And TDKR, mungkin aja, sangat mungkin kok mank untuk ngelebihin $1,2 Billion, tapi mank yang jelas $1 Billion+ udah lock bagi gw.

Dan semoga aja bener TASM bisa berbuat lebih di BO, gw sangat mengharapkan itu lho, hehe...

;D

Limit Komputer said...

Sekuel terbaru Ice Age trnyata ada nch trima kasih sobat infonya

FANBOY said...

@Limit Komputer:
Sama-sama bro... Jangan lupa nonton ya dibioskop kesayangan bro... Hehe... ;D